2013/01/16

Mengapa fungsi paru-paru mengalami penurunan?


Penurunan Fungsi Paru-Paru
     Banyak sebab mengapa fungsi paru-paru mengalami penurunan. Faktor degeneratif atau bertambahnya usia dianggap sesuatu yang normal, alami, atau tidak berpengaruh. pemicu pertama terjadinya penurunan fungsi paru-paru adalah menurunnya kebugaran atau kesehatan paru-paru. Cara termudah untuk mengetahui kondisi paru-paru adalah dengan membaca dengan membaca reaksi tubuh, seperti timbulnya batuk.
     Karena fungsi paru-paru berhubungan erat dengan sistem pernapasan, maka tidak bisa dilepaskan dari pengaruh lingkungan sebagai pemasok utama kebutuhan oksigen. Sayangnya, kita tak bisa lagi memilih untuk menghirup udara yang bersih akibat lingkungan tempat tinggal terlanjur tercemar. Racun  dari pabrik dan asap kendaraan juga memenuhi udara yang siap dihirup dan memenuhi paru-paru. Belum lagi debu-debu halus yang membawa basil, menjadi pencemar udara yang paling berpotensi menyebabkan batuk.
        Faktor polutan seperti karbon monoksida, timah, nitrogen dioksida, mungkin sulit dihindari, tapi merokok seharusnya seharusnya bisa dihentikan.
          Mengingat faktor kekebalan tubuh secara menyeluruh juga berpengaruh terhadap penurunan fungsi paru-paru, upaya memperbaiki pola hidup sehat pun harus diterapkan mulai sekarang juga, maka sebaiknya kita mengkonsumsi menu gizi seimbang dan berolahraga.
by: Aaoyama <REGINA>
adapted from :  kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar